Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2105-2019 telah mengamanatkan beberapa Perguruan Tinggi Negeri mampu meningkatkan daya saing melalui pencapaian perguruan tinggi bereputasi internasional. Universitas Negeri Semarang (Unnes) setelah sukses melampaui tahun inovasi pada 2016 dan tahun reputasi pada 2017, tahun 2018 UNNES menetapkan menjadi tahun internasionalisasi.

Berkaitan dengan Nawa Target Unnes terdapat target buku internasional, Unnes pada tahun 2018 ini menetapkan target sejumlah 200 judul buku berskala nasional dan 20 judul buku berskala internasional. Dalam bidang Riset dan Publikasi internasional target yang harus dicapai adalah 500 publikasi internasional terindeks scopus. Untuk mencapai target tersebut, Pusat Layanan Publikasi dan Kekayaan Intelektual, LP2M Unnes berkomitmen untuk mendukung meningkatkan publikasi internasional, baik dalam bentuk buku internasional maupun artikel internasional. Seiring dengan visi Unnes sebagai universitas yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Publikasi internasional yang dihasilkan oleh dosen Unnes terus bertambah, sebab pada tahun lalu tercatat ada 260 artikel yang terpublikasi dan tahun ini sudah mencapai 340 artikel yang terpublikasi pada jurnal internasional. Unnes bersiap beralih dari status badan layanan umum (BLU) menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) dan diharapkan tercapai pada tahun 2019. Perubahan status itu salah satunya dipersyaratkan minimal mempunyai 500 publikasi internasional. Untuk mencapai tujuan itu, berbagai upaya peningkatan kinerja dilakukan di bidang tridharma perguruan tinggi agar bisa melampaui standar nasional yang sudah ditetapkan.

Tujuan program (workshop)  ini adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan dosen UNNES dalam penulisan manuskrip publikasi Internasional bereputasi (capacity building), baik berupa manuskrip buku maupun artikel,
  2. Meningkatkan jumlah publikasi Internasional pada Jurnal terindeks Scopus dan mempunyai impact factor atau termasuk dalam kategori Q2, Q3 dan Q1 pada Scimagojr.
  3. Meningkatkan jumlah publikasi buku Internasional yang diterbitkan oleh UNNES bekerja sama dengan publishing internasional.

Kegiatan workshop akan dilaksanakan Tanggal 6 – 7 Juli 2018 di Hotel Grasia, Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.29, Gajahmungkur, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231

Persyaratan dan Pendaftaran Calon Peserta Workshop sudah ditutup.

Rundown Acara Worskhop dapat dilihat disini

Materi Narasumber :