Update Panduan

Panduan Pembuatan Deskripsi Paten


Secara garis besar kekayaan Intelektual (KI) terdiri atas hak cipta (copyrights), dan kekayaan industri (industrial property) yang meliputi paten (patent), desain industri (industrial design), merek (trade mark), desain tata letak sirkuit terpadu (layout design of integrated circuit), rahasia dagang (trade secret), dan pelindungan varietas tanaman (plant variety protection).

Potensi dosen UNNES dan mahasiswa untuk mendapatkan paten cukup besar karena tiap tahun terdapat  ratusan judul  penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen dengan sumber dana DRPM Dikti maupun DIPA Unnes. Hak Paten merupakan salah satu luaran yang hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen. Demikian juga untuk para mahasiswa yaitu mereka setiap tahun mendapat kesempatan mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan salah satu tuntutanya adalah menghasilkan kekayaan intelektual serti hak cipta atau paten.

Banyak karya dosen dan mahasiswa yang berpotensi paten namun mereka belum dapat menyusun deskripsi paten dengan baik dan benar dalam rangka pengajuan paten, oleh karena itu penting untuk diadakan workshop  penyusunan deskripsi paten (PATENT DRAFTING).

Kegiatan akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Selasa, 27 Maret 2018
Jam : 08.00 WIB
Tempat : Ruang Borobudur, Lantai 3 Gedung Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko

Narasumber :
1. Dr. Setyowati., SH., M.Hum (Kepala Bidang Pelayanan Hukum Pada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jateng)
2. Widya Aryadi, M. Eng. (Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang)

Pendaftaran Sudah ditutup